Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Harry Dikirim ke Afganistan

Kompas.com - 08/09/2012, 16:07 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, mereka telah mengirim Pangeran Harry untuk bertugas di Afganistan selama empat bulan.

Pangeran Harry yang juga merupakan pilot helikopter Apache dikabarkan telah tiba di Kamp Bastion, Helmand, Afganistan, pada hari Kamis (6/9/2012).

Kamp Bastion merupakan pangkalan militer utama milik Inggris yang terdapat di negara itu.

Dia berada di Afganistan untuk bergabung dengan pasukan militer Inggris yang memerangi Taliban.

Berita penugasan Pangeran Harry muncul tidak berapa lama setelah publik Inggris dikejutkan dengan kemunculan foto-foto telanjangnya saat berada di Las Vegas yang dimuat sejumlah media AS dan harian The Sun di Inggris.

Tugas militernya sendiri bukanlah hal asing bagi Pangeran Harry karena sebelumnya dia pernah berada di Helmand selama sepuluh pekan pada akhir 2007 hingga 2008 lalu.

Dia kemudian ditarik kembali dari tugasnya setelah media melaporkan adanya pengiriman rahasia Pangeran Harry ke negara itu.

Putra kedua Pangeran Charles ini dikenal dengan sebutan Kapten Wales dan tiba di Afganistan sebagai bagian dari pasukan Skuadron 662 Korps Tentara Angkatan Udara Inggris.

Membantu pasukan

Kapten Jack Gordon dari Angkatan Laut Inggris mengatakan, keberadaan Pangeran Harry akan sangat bermanfaat bagi pasukan di Afganistan.

"Kapten Wales dengan pengalaman tugas sebelumnya yang terlibat dalam operasi sebagai forward air controller akan menjadikannya berguna sekali," kata Gordon.

"Dia memang nanti akan kesulitan untuk mendapatkan tugas. Saya nanti akan meminta agar dia bisa mendapatkan tugasnya dan dibiarkan untuk fokus mendukung pasukan koalisi yang bertugas di darat."

Sebagai forward air controller, Pangeran Harry bertugas untuk mengarahkan sejumlah pesawat tempur Inggris dalam menjatuhkan bom ke arah pejuang Taliban.

Pangeran Harry merupakan salah satu anggota keluarga kerajaan yang aktif di medan pertempuran setelah sebelumnya pamannya, Pangeran Andrew, juga melakukan hal yang sama saat Inggris terlibat perang Falkland pada 1982 lallu.

Pangeran Harry saat ini berusia 27 tahun dan berada di urutan ketiga sebagai pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com