Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Imigran Tenggelam di Italia, 12 Hilang

Kompas.com - 07/09/2012, 17:34 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

ROMA, Kompas.com - Pasukan penjaga pantai Italia dan sejumlah kapal perang NATO tengah mencari penumpang kapal imigran yang tenggelam di perairan Pulau Lampedusa, Jumat (7/9/2012).

Kapal yang mengangkut sedikitnya 100 orang pencari suaka itu tenggelam Jumat dini hari waktu setempat. Sejauh ini tim penyelamat sudah menemukan satu korban tewas dan 12 orang lainnya masih hilang.

Sedangkan 56 orang, termasuk seorang perempuan hamil, berhasil diselamatkan.

Kapal imigran yang dilaporkan memiliki panjang 10 meter itu diduga mengalami kebocoran sebelum akhirnya tenggelam sekitar 12 mil laut dari Pulau Lampedusa.

Kantor berita Italia ANSA melaporkan para korban selamat ditarik dari laut dan sebagian lainnya ditemukan di sebuah pulau kecil tak berpenghuni.

Seorang juru bicara penjaga pantai Italia kepada kantor berita Associated Press mengatakan korban selamat sudah diidentifikasi dan semuanya diyakini adalah warga negara Tunisia.

Pulau Lampedusa yang berjarak hanya 120 km dari Tunisia adalah salah satu pintu gerbang ke Eropa yang terdekat dari Afrika.

Tenggelamnya kapal imigran ini adalah yang kedua dalam dua hari terakhir.

Pada Kamis (6/9/2012), sebuah kapal imigran tenggelam di perairan sebelah barat Turki mengakibatkan 56 orang meninggal, separuhnya adalah anak-anak.

Sedangkan 45 orang lainnya selamat adalah warga Irak, Suriah dan Palestina yang semuanya menuju ke Eropa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com