Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Melaju, Dow dan S&P Sentuh Level Tertinggi

Kompas.com - 07/09/2012, 07:24 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -  Wall Street melonjak ke level tertinggi baru pada perdagangan Kamis (6/9/2012) waktu setempat, (Jumat pagi WIB), dibantu data ekonomi yang positif dan rencana baru Bank Sentral Eropa untuk membantu negara-negara zona euro yang bermasalah di pasar obligasi.

Indeks S&P 500 dan Dow keduanya mencatat tingkat penutupan terbaik sejak Desember 2007, mempertahankan keuntungan kuat yang dicapai segera setelah pasar dibuka.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 244,52 poin (1,87 persen) pada 13.292,00. Indeks saham S&P 500 menguat 28,68 poin (2,04 persen) menjadi 1.432,12, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq melonjak 66,54 poin (2,17 persen) menjadi 3.135,81.

Pasar langsung lepas landas saat bel pembukaan dan didorong lebih tinggi karena ECB mengkonfirmasi rencana intervensi di pasar obligasi, sebuah program yang bertujuan untuk menurunkan biaya pinjaman pemerintah zona euro yang secara ekonomi lemah dan pada akhirnya, menopang zona euro.

"Rencana ECB merupakan langkah dalam arah yang benar yang bisa mengembalikan kepercayaan di euro," kata Jason Schenker dari Prestige Economics. "Ini mungkin bukan solusi ideal, namun ECB dan anggota zona euro secara politik akan tampak tegas."

Kegairahan juga terbantu oleh data yang menunjukkan pertumbuhan moderat dalam sektor jasa AS dan adanya perbaikan di pasar tenaga kerja.

Sektor perbankan memimpin pawai kenaikan, dengan Bank of America bertambah 5,0 persen dan JPMorgan Chase meningkat 4,3 persen. Saham teknologi kunci juga membukukan kenaikan kuat, dengan Microsoft naik 3,1 persen, Google menambahkan 2,7 persen, dan Cisco melonjak 4,4 persen.

Saham unggulan (blue chip) Dow, semuanya (30 saham) berada di positif: General Electric bertambah 3,2 persen, Caterpillar naik 2,5 persen, dan Intel naik 2,9 persen.

Amazon naik 2,1 persen karena meluncurkan tablet Kindle Fire yang lebih besar, mengambil alih iPad Apple. Apple, perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, tertinggal untuk hari ini, hanya naik 0,9 persen.

Juga di Nasdaq, eBay naik 3,7 persen sementara Seagate mengalami penurunan yang langka, jatuh 2,6 persen setelah memperoleh penurunan peringkat dari analis di Needham & Co. Facebook bergabung melonjak, naik 2,1 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com