Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tayangan Televisi Suriah Dibekukan

Kompas.com - 07/09/2012, 05:17 WIB

Kairo, Kompas - Manajemen perusahaan satelit Mesir, Nilesat, dan manajemen perusahaan satelit milik Liga Arab, Arabsat, mulai Rabu (5/9) malam membekukan tayangan jaringan televisi satelit Suriah yang pro-rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pembekuan untuk melaksanakan rekomendasi Sidang Menteri Luar Negeri Liga Arab di Kairo, Rabu, dan rekomendasi sidang Menlu Liga Arab di Doha, Qatar, 2 Juni lalu.

Tiga televisi Pemerintah Suriah menayangkan siarannya melalui satelit yang menjangkau mancanegara, masing-masing televisi Syria, Al Akhbariyah, dan El Dunya. Presiden Suriah Bashar al-Assad akhir-akhir ini kerap menggunakan El Dunya untuk menyampaikan pembelaan dan kebijakan pemerintahnya melawan kelompok oposisi yang berusaha menggulingkan dirinya.

Pembekuan tayangan itu langsung ditanggapi Kementerian Penerangan Suriah. Mereka menyebut, keputusan itu adalah bentuk keberpihakan terhadap gerakan anti-Suriah. Mereka menambahkan, Liga Arab terperangkap dalam proyek zionisme.

Lewat siaran persnya, kementerian itu menyebut dalam konteks provokasi terhadap Suriah, perusahaan satelit Nilesat telah bertindak sepihak dengan membekukan tayangan jaringan televisi satelit Suriah. Hal itu melanggar kesepakatan bisnis antara Pemerintah Suriah dan Nilesat, serta mencabik piagam kehormatan profesi jurnalistik yang menjunjung kebebasan. Kementerian Penerangan Suriah meminta Nilesat meninjau ulang keputusan itu.

Profesor bidang media politik pada Universitas Amerika di Kairo (AUC), Dina Wafa, mengatakan, keputusan pembekuan tayangan televisi satelit Suriah oleh Nilesat lebih merupakan keputusan politik sebagai bentuk solidaritas kepada revolusi Suriah.

Menurut Wafa, tak ada sandaran hukum keputusan itu karena pihak Suriah tak melanggar hukum atau kesepakatan bisnis dengan perusahaan Nilesat.

Bersatu

Sidang Liga Arab yang berakhir Rabu malam juga mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa agar bersatu sikap menghadapi krisis Suriah. Liga Arab menyerukan DK PBB agar mengeluarkan resolusi gencatan senjata di Suriah sesuai dengan Pasal VII Piagam PBB sehingga resolusi itu mengikat semua pihak di Suriah.

Liga Arab juga mengecam keras pembunuhan wartawan lokal ataupun asing yang bertugas di Suriah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com