Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pertemuan ECB, Bursa AS Datar

Kompas.com - 06/09/2012, 07:19 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham Wall Street ditutup bervariasi nyaris datar pada Rabu (Kamis pagi WIB), menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa yang penting di tengah harapan  tindakan untuk menghentikan gejolak keuangan zona euro.
    
Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup pada 13.047,48, atau bertambah 11,54 poin (0,09 persen). Indeks saham  S&P 500 merosot 1,50 poin (0,11 persen) menjadi berakhir di 1.403,44, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq turun 5,79 poin (0,19 persen) menjadi 3.069,27.
    
"Pasar ekuitas AS hampir tidak berubah setelah sesi menunggu dan melihat di Wall Street hari ini, karena investor cemas menunggu pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) besok (Kamis)," kata analis Charles Schwab & Co.

"Para ekonom memperkirakan ECB akan menurunkan suku bunganya, tetapi juga akan fokus pada apakah rencana akan dikembangkan untuk masuk kembali ke pasar utang negara dengan terbatas namun disterilkan dengan pembelian obligasi," kata mereka.

Sebuah peringatan keuntungan dari raksasa pengiriman paket FedEx, mengutip permintaan global yang lemah, memukul sentimen. Saham di perusahaan penentu arah ekonomi (bellwether) global itu turun hampir dua persen.

Di Dow, American Express memimpin penurunan, turun 2,4 persen, sementara Disney mencetak keuntungan terbesar, 2,3 persen. Telepon pintar (smartphone) baru diluncurkan pada dua peristiwa terpisah di New York.

Nokia anjlok 15,9 persen menjadi 2,38 dolar AS setelah perusahaan Finlandia yang kesulitan itu memperkenalkan dua telepon pintar baru menggunakan sistem operasi Windows Phone 8. Microsoft tidak berubah. "Rasanya seperti hari amatir keluar," kata Paul Ausick di 24/7WallSt.com, meratapi kegagalan dari dua raksasa teknologi untuk mengumumkan tanggal peluncuran atau harga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com