Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mursi: Resolusi Krisis Suriah Tanggung Jawab Arab

Kompas.com - 05/09/2012, 17:58 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Presiden Mesir, Mohamed Mursi, Rabu (5/9), kembali menegaskan seruannya bagi rezim Suriah untuk mundur. Ia mengatakan pada sebuah pertemuan Liga Arab bahwa resolusi krisis Suriah merupakan tanggung jawab Arab.

"Saya mengatakan kepada rezim Suriah 'masih ada kesempatan untuk mengakhiri pertumpahan darah'," kata Mursi pada pertemuan menteri luar negeri Arab di Kairo. "Jangan mengambil langkah yang tepat pada waktu yang salah ... karena itu akan menjadi langkah yang salah," katanya. "Sekarang waktunya bagi perubahan," kata Mursi.

Ia memperingatkan rezim Presiden Bashar al-Assad untuk "mengambil pelajaran dari sejarah baru-baru ini." Mursi, yang pada Juni lalu terpilih sebagai pemimpin pertama negara itu yang berasal dari kubu Islamis menyusul pemberontakan yang menggulingkan Hosni Mubarak,  mendesak para diplomat Arab bergerak untuk cepat guna menyelesaikan konflik Suriah yang telah menyebabkan 26.000 orang tewas sejak pemberontakan dimulai 17 bulan lalu.

Dia mengatakan kepada para menteri itu bahwa resolusi untuk krisis Suriah merupakan tanggung jawab orang-orang Arab. "Darah rakyat Suriah sedang tumpah siang dan malam, kita bertanggung jawab untuk ini," kata Mursi.

"Kita tidak bisa tidur sementara darah rakyat Suriah sedang ditumpahkan. Saya mendesak Anda, para menteri luar negeri Arab, bekerja keras untuk menemukan solusi segera bagi tragedi di Suriah," lanjut Mursi.
Ia menegaskan, "Jika kita (negara-negara Arab) tidak bergerak, dunia pun tidak akan bergerak secara serius."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com