Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadar Methanol di Arak Penyebab Kematian 3 Warga

Kompas.com - 05/09/2012, 16:48 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Aparat Polres Bangli menemukan kadar Methanol sebesar 9,02 persen di dalam arak maut yang menewaskan 3 warga Desa Katung, Kintamani, Bangli dan meracuni puluhan warga lainnya. Sampai saat ini, polisi masih menyelidiki asal usul arak yang mematikan tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan barang bukti berupa sisa minuman yang diperoleh di TKP diduga korban meninggal dunia akibat mengonsumsi arak, sudah dicampur dengan zat lain sehingga mengandung kadar methanol 9,02 persen," ujar Kasubbag Humas Polres Bangli AKP Dewa Nyoman Rai kepada wartawan, Rabu (5/9/2012).

Berdasarkan pemeriksaan Labfor, kadar Methanol sebanyak itu dapat menyebabkan kematian jika dikonsumsi cukup banyak. Dari 7 TKP pesta arak, polisi menemukan ratusan liter arak sisa pesta yang berujung maut tersebut.

Selain pemeriksaan barang bukti, polisi secara intensif mendalami keterangan saksi dari pihak keluarga maupun korban selamat untuk menelusuri asal arak maut tersebut.

Seperti diberitakan, puluhan warga Desa Katung, Bangli menderita keracunan arak Methanol usai pesta miras merayakan Hari Raya Galungan, pekan lalu. Sejak Sabtu (1/9/2012) sebanyak 45 korban keracunan arak Methanol berdatangan ke RSUP Sanglah, Denpasar dan sejauh ini sudah ada 3 korban meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com