Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McDonald's Buka Gerai Vegetarian di India

Kompas.com - 05/09/2012, 12:13 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

DELHI, Kompas.com - Seperti dikenal luas di seluruh dunia restoran cepat saji McDonald's dikenal memiliki menu utuama berupa ayam goreng, burger dan kentang goreng.

Namun, akibat permintaan dan desakan pasar lokal, McDonald's akhirnya membuka gerai khusus bebas daging alias vegetarian di India. Dan ini adalah gerai vegetarian McDonald's pertama di dunia.

McDonald's, penyedia makanan cepat saji terbesar kedua di dunia setelah Subway, dengan cepat membaca pasar untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan lokal.

Dengan gerai vegetarian ini maka bagi warga India beragama Islam maupun Hindu bisa makan menu bebas daging yang sama tanpa masalah.

Dari sisi keagamaan umat Hindu menganggap sapi adalah hewan suci sehingga mereka tidak mau mengkonsumsi daging sapi.

Sedangkan umat Islam menganggap babi sebagai hewan kotor sehingga mengharamkan daging babi.

Seperti dikabarkan AFP, McDonald's akan membuka gerai vegetarian pertamanya pertengahan tahun depan di dekat Kuil Emas Sikh di Amritsar, kawasan utara India.

Pemilihan Amritsar adalah untuk mengakomodasi aturan agama Sikh yang melarang konsumsi daging di dalam kuil suci itu.

Menurut pengelola McDonald's di India, gerai vegetarian memiliki prospek bisnis yang cerah.

"Terdapat peluang besar mengembangkan restoran vegetarian apalagi sebagian besar makanan India mengandung sayuran," kata juru bicara McDonald's India Utara, Rajesh Kumar Maini.

"Saat ini, India hanyalah sebuah pasar kecil, kami hanya memiliki 271 restoran di India. Di seluruh dunia kami memiliki hampir 33.000 restoran," lanjut Rajesh.

Setelah Amritsar, McDonald's berencana membuka restoran vegetarian di kuil Vaishno Devi di Kashmir yang merupakan salah satu lokasi ziarah Hindu yang didatangi ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com