Kompas.com - 04/09/2012, 11:01 WIB
|
EditorRusdi Amral

BERLIN, KOMPAS.com — Ribuan awak kabin maskapai penerbangan Jerman Lufthansa kembali merencanakan mogok besar-besaran di dua bandar udara utama Jerman, yakni di Frankfurt dan Berlin, Selasa (4/9/2012) ini.

Pemogokan yang diorganisir serikat pekerja UFO itu digelar karena pihak manajemen maskapai belum bersedia memenuhi tuntutan para awak kabin yang meminta kenaikan gaji sebesar 5 persen. Perusahaan baru menyetujui kenaikan gaji 3,5 persen.

Pemogokan pertama mereka gelar di Frankfurt, hari Jumat pekan lalu, dan memicu pembatalan ratusan penerbangan Lufthansa. Kali ini, UFO—yang beranggotakan dua pertiga dari total 18.000 awak kabin Lufthansa, akan menggelar mogok di Bandara Frankfurt dan Bandara Tegel, salah satu bandara utama di ibu kota Jerman, Berlin.

Mogok akan dimulai pukul 05.00 waktu setempat (10.00 WIB) di Berlin dan disusul sejam kemudian di Frankfurt. Pemogokan akan berlangsung selama delapan jam. UFO berjanji pemogokan kali ini akan membawa dampak lebih besar dibandingkan dengan pekan lalu.

Pihak manajemen mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin agar para calon penumpang tidak menderita, yakni dengan memberi tahu mereka melalui e-mail dan SMS tentang aksi mogok ini.

Para awak kabin Lufthansa mengeluhkan kondisi kerja dan gaji yang tidak dinaikkan dalam tiga tahun terakhir. Mereka menuntut kenaikan gaji 5 persen itu berlaku surut sejak Januari 2012.

Menurut laman resmi Lufthansa, seorang awak kabin dijanjikan gaji pokok awal sebesar 1.533,23 euro (Rp 18,4 juta) per bulan dengan tambahan 42 euro (Rp 500.000) per hari untuk penerbangan di dalam Benua Eropa atau 48 euro (Rp 577.000) per hari untuk penerbangan ke luar Benua Eropa. Semua belum dipotong pajak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.