Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moody's Turunkan Peringkat Utang Uni Eropa

Kompas.com - 04/09/2012, 09:19 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga pemeringkat Moody's Investors Service menurunkan peringkat utang jangka panjang Uni Eropa menjadi negatif. Ini merefleksikan risiko yang dihadapi Jerman, Perancis, dan Inggris Raya yang pendapatannya mencapai 45 persen dari total pendapatan di kawasan Eropa.

Seperti dilaporkan Bloomberg, Selasa (4/9/2012), surat utang jangka panjang Uni Eropa diturunkan dari stabil menjadi Aaa. Pernyataan itu dikeluarkan di Frankfurt, Jerman, kemarin. Dalam pernyataannya, perubahan itu menurut Moody's merefleksikan gambaran negatif negara-negara anggota Uni Eropa yang memberi kontribusi besar bagi anggaran Uni Eropa. Surat utang negara-negara itu berkorelasi tinggi. Maka, ketika mereka terimbas krisis utang di kawasan itu, pengaruhnya bervariasi.

Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan, Jerman harus menunjukkan solidaritas terhadap Eropa. Dia juga mengindikasikan akan lebih aktif untuk melawan krisis itu via bank sentral Eropa. Salah satunya, dengan mendukung pembelian surat utang negara-negara yang sedang terpuruk, seperti Spanyol dan Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com