Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Politik Pembelian Obligasi Eropa

Kompas.com - 04/09/2012, 08:53 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa pemimpin Uni Eropa, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel, memberikan dukungan terhadap proposal Mario Draghi, Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) untuk membeli obligasi Pemerintah Italia dan Spayol di pasar perdana. Namun, hal ini ditentang oleh Bank Sentral Jerman.

Pembelian itu dilakukan untuk menurunkan imbal hasil yang saat ini terus naik walaupun perlahan. ECB setuju membeli obligasi Pemerintah Italia dengan tenor tiga tahun. Dukungan ini membuat imbal hasil obligasi Italia 10 tahun turun 8 basis poin (bps) menjadi 5,77 persen dan imbal hasil obligasi Spanyol turun menjadi 6,85 persen.

Namun, rencana ini masih mendapat penolakan dari Bank Sentral Jerman karena menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, justru akan semakin melemahkan mata uang euro di masa mendatang dan melanggar asas independensi bank sentral. "Namun saat ini UE membutuhkan kebijakan yang tidak lazim untuk menyelesaikan krisis utang dan mengembalikan keyakinan investor," kata Lana di Jakarta, Selasa (4/9/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com