Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Catat Kenaikan Harian Tertinggi

Kompas.com - 04/09/2012, 08:00 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com — Harga kontrak minyak dunia mencatatkan kenaikan harian tertinggi dalam sepekan terakhir di New York. Pagi tadi, harga kontrak minyak untuk pengantaran Oktober naik sebesar 83 sen menjadi 97,30 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange. Ini merupakan level harian minyak tertinggi sejak 27 Agustus lalu. Pada pukul 09.29 waktu Sydney, kontrak yang sama berada di level 96,86 dollar AS sebarrel.

Lonjakan harga minyak terjadi seiring spekulasi investor bahwa bank sentral akan mengambil langkah-langkah strategis untuk mendongkrak pertumbuhan setelah data ekonomi menunjukkan perlambatan yang semakin dalam.

"Data mengecewakan yang datang dari China menunjukkan nama permainan kali ini adalah menunggu langkah yang akan dilakukan bank sentral," jelas Carsten Fristch, analis Commerzbank AG di Frankfurt.

Sementara itu, harga kontrak minyak jenis Brent untuk pengantaran Oktober naik 1,21 dollar AS atau 1,1 persen menjadi 115,78  dollar AS sebarrel di ICE Futures Europe Exchange, kemarin. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com