Kompas.com - 03/09/2012, 10:06 WIB
EditorKistyarini

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pihak berwenang Malaysia dan Thailand akan menyelidiki pengibaran bendera nasional Malaysia dalam serangkaian gangguan terbaru di Thailand Selatan, kata seorang menteri senior, Minggu (2/9/2012)

Menteri Dalam Menteri Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan pemerintahnya memandang insiden itu sebagai masalah serius dan Kementerian Dalam Negeri akan menggelar penyelidikan atas kejadian itu dengan Thailand.

Gerilyawan melancarkan serangkaian serangan simbolis di wilayah Thailand yang mayoritas penduduknya beragama Islam itu pada Jumat (31/8/2012). Mereka membakar bendera nasional Thailand, lalu mengibarkan Jalur Gemilang, bendera Malaysia. Serangan itu terjadi ketika Malaysia sedang merayakan ulang tahun ke-55 kemerdekaan dari pemerintahan Inggris.

Hishammuddin menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut berkaitan dengan insiden itu, dan mengatakan apa yang ada di balik pengibaran bendera Malaysia itu tetap tidak diketahui.

"Ini melibatkan kegiatan kriminal lintas perbatasan dan kami memiliki unit khusus untuk menyelidiki insiden itu," katanya seperti dikutip oleh surat kabar lokal Star.

Lebih dari 5.000 orang telah tewas dan lebih dari 8.400 terluka di tiga provinsi Thailand selatan Yala, Pattani dan Narathiwat, sejak aksi kekerasan meletus pada Januari 2004, menurut Tonton Deep South, sebuah lembaga yang memantau konflik di provinsi-provinsi selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.