Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diselidiki, Pengibaran Bendera Malaysia di Thailand Selatan

Kompas.com - 03/09/2012, 10:06 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pihak berwenang Malaysia dan Thailand akan menyelidiki pengibaran bendera nasional Malaysia dalam serangkaian gangguan terbaru di Thailand Selatan, kata seorang menteri senior, Minggu (2/9/2012)

Menteri Dalam Menteri Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan pemerintahnya memandang insiden itu sebagai masalah serius dan Kementerian Dalam Negeri akan menggelar penyelidikan atas kejadian itu dengan Thailand.

Gerilyawan melancarkan serangkaian serangan simbolis di wilayah Thailand yang mayoritas penduduknya beragama Islam itu pada Jumat (31/8/2012). Mereka membakar bendera nasional Thailand, lalu mengibarkan Jalur Gemilang, bendera Malaysia. Serangan itu terjadi ketika Malaysia sedang merayakan ulang tahun ke-55 kemerdekaan dari pemerintahan Inggris.

Hishammuddin menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut berkaitan dengan insiden itu, dan mengatakan apa yang ada di balik pengibaran bendera Malaysia itu tetap tidak diketahui.

"Ini melibatkan kegiatan kriminal lintas perbatasan dan kami memiliki unit khusus untuk menyelidiki insiden itu," katanya seperti dikutip oleh surat kabar lokal Star.

Lebih dari 5.000 orang telah tewas dan lebih dari 8.400 terluka di tiga provinsi Thailand selatan Yala, Pattani dan Narathiwat, sejak aksi kekerasan meletus pada Januari 2004, menurut Tonton Deep South, sebuah lembaga yang memantau konflik di provinsi-provinsi selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com