Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran: Kami Bukan Pemburu Senjata Nuklir

Kompas.com - 31/08/2012, 09:06 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Iran mengaku tidak tertarik pada senjata nuklir, tetapi akan berusaha menghasilkan energi nuklir dengan tujuan damai. Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei menyampaikan hal tersebut pada pembukaan Pertemuan Puncak ke-16 Gerakan Non-Blok (GNB) yang dibuka di ibu kota Iran, Teheran, Kamis (30/8/2012).

Khamenei seperti laporan Xinhua mengatakan, "Republik Islam bukan pemburu senjata nuklir dan takkan mengendurkan haknya bagi penggunaan energi nuklir dengan tujuan damai."

Dia menambahkan slogan Iran adalah "Energi nuklir buat semua, senjata nuklir tidak buat siapa pun".

Pada Rabu (29/8/2012), Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, yang menghadiri pertemuan tingkat tinggi itu, mendesak Khamenei agar melakukan langkah nyata guna membuktikan program nuklirnya bertujuan damai.

Barat mencurigai Iran berusaha memperoleh kemampuan senjata nuklir, tuduhan yang telah berulang kali dibantah oleh Teheran.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Kamis, mendesak Iran agar menghilangkan keprihatinan internasional mengenai program nuklir kontroversialnya.

Demi keamanan wilayah itu dan dunia, Iran mesti melakukan berbagai tindakan dan membangun rasa saling percaya guna menghilangkan keprihatinan internasional. Ban menyampaikan hal itu dalam pidato saat pembukaan Pertemuan Puncak Ke-16 GNB di Teheran.

Ban menambahkan, hal itu dapat dilakukan melalui kerja sama dengan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com