Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harare, Kota Terburuk Keempat untuk Dihuni

Kompas.com - 30/08/2012, 23:08 WIB
Pieter P Gero

Penulis

HARARE, KOMPAS.com — Sebuah kelompok riset independen menegaskan, kota Harare yang juga ibu kota Zimbabwe merupakan kota terburuk keempat di dunia untuk dihuni. Predikat ini berdasarkan beratnya hidup sehari-hari di sana dan risiko politik. Kota yang terletak di zona perang tidak masuk dalam kategori ini.

Unit Intelijen Ekonomis yang berbasis di Inggris menempatkan Harare pada posisi ke-137 dari 140 kota yang disurvei. Harare mendapat peringkat 39,4 dari skala sampai 100 untuk kondisi kota ideal.

Dalam laporan survei yang diberitakan AP, Kamis (30/8/2012), Harare dinilai relatif lebih baik dari Lagos di Nigeria, Port Moresby di Papua Niugini, dan Dhaka di Banglades.

Kota-kota dengan peringkat atau skor 50 atau kurang dikategorikan sebagai kota dengan "aspek kehidupan yang sangat terbatas". Studi ini bertujuan membantu pada pengusaha untuk menghitung biaya dan tunjangan kekerasan bagi eksekutif atau pekerjanya.

Harare dinilai buruk untuk tinggal karena pusat kesehatan yang buruk, demikian pula infrastruktur umum dan prospek ketidakstabilan politik yang tinggi terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com