Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota di California Selatan Nyatakan Darurat Gempa

Kompas.com - 30/08/2012, 14:35 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com Kota Brawley di California Selatan mengumumkan keadaan darurat setelah serangkaian gempa menjungkirbalikkan 20 rumah mobil dan memaksa satu rumah pemotongan hewan tutup, seperti disampaikan wali kota itu, Rabu (29/8/2012).

Bukan hal yang biasa jika kota-kota di California dilanda gempa dan mengumumkan keadaan darurat akibat gempa. Namun, Wali Kota Brawley George Nava mengatakan, gempa itu merupakan satu kasus unik karena berlangsung selama beberapa hari dan menyebabkan kerusakan bernilai jutaan dollar AS.

Menurut Survei Geologi AS, gempa-gempa relatif kecil yang disebabkan oleh gerakan zat cair dan gas lain di sekitar kerak Bumi ini mulai terasa pada Sabtu petang, dan mencapai puncaknya pada hari berikutnya dengan kekuatan 5,5 skala Richter. Gempa-gempa itu terus berlangsung sampai Rabu, dan para ahli geologi mengatakan bahwa ada ratusan gempa susulan.

Nava mengatakan, para pemimpin di Brawley, kota berpenduduk 25.000 jiwa yang terletak 275 km di tenggara Los Angeles tersebut, mengumumkan keadaan darurat lokal pada Selasa malam. Para pejabat di Imperial County, yang letaknya berdekatan, mengumumkan hal yang sama pada hari Rabu.

Akibat rangkaian gempa itu, Nava mengatakan bahwa sembilan rumah mobil porak-peranda dan para penghuni terpaksa keluar. Auditorium di Union High School rusak dan ditutup, sementara rumah pemotongan hewan National Beef di Brawley  ditutup sementara karena rusak. Nava menambahkan, para pedagang lokal mengalami kerugian jutaan dollar AS akibat penutupan dan tidak ada pelanggan.

Jeanne Hardeck, ahli riset gempa dari Survei Geologi AS, pada awal pekan ini mengatakan bahwa gempa-gempa itu bukanlah satu tanda akan segera terjadi satu gempa yang lebih kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com