Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2012, 09:35 WIB

Kompas.com - Makin tua usia seorang pria, makin rendah kualitas spermanya. Kendati begitu, pria berusia lanjut tetap bisa menjaga kesehatan spermanya jika mereka rutin mengasup makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Dalam penelitian terhadap 80 pria sehat berusia 22-80 tahun, para peneliti menemukan pria berusia di atas 44 tahun yang banyak mengasup vitamin C, vitamin E, zinc dan folat, memiliki tingkat kerusakan DNA sel sprema 20 persen lebih rendah.

Meski begitu, manfaat konsumsi mikronutrien tersebut tidak ditemukan pada sperma pria yang berusia lebih muda.

"Tampaknya mengonsumsi secara rutin mikronutrien seperti vitamin C, E, folat dan zinc, bisa mengembalikan kualitas sperma pria yang mulai tua. Kami menemukan kerusakan sperma pria berusia 44 tahun ke atas itu hampir sama dengan yang berusia lebih muda," kata Andy Wyrobek dari Life Sciences Division, salah satu peneliti.

Hasil penelitian tersebut menjadi penting karena saat ini terjadi pergeseran usia menikah dan semakin banyak pria yang baru memiliki anak di atas usia 35 tahun. Padahal, makin tua usia pria makin banyak kerusakan sel sperma mereka sehingga risiko mengalami infertilitas makin besar.

Sampai saat ini para ilmuwan belum tahu apakah pola makan tinggi antioksidan dan mikronutrien bisa melindungi kerusakan DNA sperma. Penelitian mendalam diperlukan untuk menentukan apakah asupan vitamin bisa meningkatkan kualitas sperma dan memperbaiki kesuburan pria berusia lanjut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com