Kompas.com - 28/08/2012, 13:32 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MAMUJU, KOMPAS.com - Dua orang anak buah kapal (ABK) dari kapal tanker Soechi Lesmana milik Pertamina yang terbakar di Perairan Belang-belang Mamuju, Sulawesi Barat, Senin dinihari hingga kini masih dirawat intensif di Rumah Sakit Regional Mamuju.

Sekujur tubuh korban melepuh akibat terkena percikan api bercambur bahan bakar bensin dan solar saat kecelakaan terjadi dalam perjalanan dari Tarakan menuju Depot pertamina Donggala.

Tim dokter kini terus berupaya memberi pertolongan kepada kedua korban ini. Seperti yang diberitakan, KT Soechi Lesmana membawa 3.000 ton bahan bakar minyak dari kilang minyak Pertamina di Tarakan tujuan Parepare dan Pertamina Donggala.

Meski kedua korban sempat melompat ke dalam laut, namun pada saat yang hampir bersamaan salah satu tanki bahan bakar di kapal itu pun meledak. Percikan api bercampur bbm melebar dan sempat menjilat tubuh kedua korban, hingg aterbakar.

Sementara itu, 17 ABK lain yang lebih dulu melompat dilaporkan selamat, dan kini ditampung di pos angkatan laut setempat. Sementara Boas yang berada di kamar mesin saat kebakaran tengah berlangsung meniggal dunia, setelah sekujur tubuhnya dilalap api. Jenazah Boas hingga kini masih berada di ruang otopsi RSUD Kabupaten Mamuju untuk menjalani proses identifikasi.

Kapal ini sempat singgah di pelabuhan Parepare sebelum melanjutkan perjalan ke depot Pertamina Donggala. Namun sekitar pukul 3.00 wita kapal ini terbakar. Posisi kapal kala itu berada di Perairan Belang-belang Mamuju. Evakuasi korban dan bangkai kapal yang berada sekitar 15 mil dari Pantai Mamuju sempat mengalami kesulitan, selain karena cuaca buruk, seperti angin kencang dan ombak besar, juga karena lokasi terbakarnya kapal yang relatif jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.