Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Tetap Dukung Yunani di Zona Euro

Kompas.com - 27/08/2012, 09:17 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel menyakinkan bahwa euro akan tetap solid dan Yunani akan tetap berada dalam zona euro. Ini menjadi sentimen positif di tengah kekhawatiran pasar terhadap posisi Yunani di zon euro.

Meskipun demikian, menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, Merkel masih menunggu laporan dari the Troika mengenai kemajuan yang dicapai Yunani terkait keinginan Yunani yang meminta pelonggaran waktu pengetatan fiskal yang akan diputuskan September ini.

Investor juga menunggu keputusan apakah bank sentral Uni Eropa (ECB) akan membeli langsung obligasi pemerintah Italia dan Spanyol di pasar perdana pada 6 September mendatang. Selain itu, pasar menanti keputusan pengadilan konstitusi Jerman pada tanggal 12 September mendatang terhadap pembekuan dana senilai 500 miliar euro dalam bentuk European Stability Mechanism.

"Investor juga menunggu keputusan the Fed memastikan stimulus quantitative easing ketiga pada FOMC 12-13 September mendatang," kata Lana di Jakarta, Senin (27/8/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com