Ditunda Sehari akibat Ramalan Badai Isaac

Kompas.com - 27/08/2012, 05:19 WIB
Editor

Tampa, Sabtu - Badai tropis Isaac, yang mendekati Florida, Amerika Serikat, setelah menewaskan setidaknya empat orang di Haiti, memaksa Partai Republik membatalkan hari pertama konvensi nasional partai yang sedianya dimulai Senin (27/8) ini.

Pengumuman penangguhan hari pertama konvensi disampaikan Sabtu malam saat delegasi dan para tamu undangan konvensi nasional mulai berdatangan dengan pesawat ke Tampa, Florida. Senin, sedianya kubu Republik akan secara resmi memulai proses nominasi Mitt Romney sebagai kandidat presiden Amerika Serikat untuk menantang Presiden petahana Barack Obama pada pemilihan presiden AS, 6 November nanti.

Ramalan yang mengatakan Tampa, Florida, terancam terjangan badai dan banjir membuat kubu Republik terpaksa mempersingkat acara konvensi dari semula empat hari menjadi hanya tiga hari, mulai Selasa.

Empat tahun lalu, Konvensi Nasional Partai Republik AS juga tertunda, waktu itu oleh badai topan Gustav yang menerjang pantai Lousiana. Saat itu Republik bersiap menominasikan calon presiden John McCain di St Paul, Minnesota, tahun 2008.

Konvensi di Tampa, Florida, kali ini akan secara resmi mencalonkan Mitt Romney dan calon wapres Paul Ryan mewakili Republik. Romney perlu meyakinkan warga AS bahwa ia adalah pilihan tepat untuk menggusur Obama. Romney dijadwalkan berorasi pada Kamis.

”Kami memiliki peluang untuk mengatakan kepada bangsa Amerika, kisah empat tahun yang berlalu, Presiden Barack Obama telah gagal memimpin negeri ini, sementara Romney bisa memberikan masa depan yang lebih baik bagi AS,” kata Reince Priebus, Ketua Komite Nasional Partai Republik.

Sekitar 50.000 orang diperkirakan berkumpul di Florida saat dilangsungkannya Konvensi Partai Republik di wilayah St Petersburg, Tampa. Selain akan diisi pidato kampanye selama sepekan, konvensi ini juga akan membahas strategi apa yang hendak dilakukan guna menghadapi Obama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Romney juga diharapkan berpidato mengungkapkan visinya akan kemungkinan bangkitnya ekonomi AS karena masih memiliki berlimpahnya energi.

Romney perlu mengalihkan perhatian setelah dua pekan ini kubu Republik dilanda kemelut akibat pernyataan kontroversial anggota kongresnya, Todd Akin. Akin menyebutkan, perempuan yang mengalami ”pemerkosaan yang dilegitimasi” punya mekanisme alami untuk menghindarkan dari kehamilan sehingga tak perlu aborsi.

Akin sempat didesak kubu pemimpin partainya agar mengurungkan pencalonan dirinya sebagai senat mewakili Negara Bagian Missouri. Romney dan Ryan termasuk yang ikut mendesak agar Akin mundur meski Akin berkeras tetap maju.

(Reuters/AFP/AP/sha)



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.