Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrak Tanker Minyak, Bus Terbakar, 36 Tewas

Kompas.com - 26/08/2012, 22:46 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com- Sebuah bus berlantai ganda (double-decker) mendadak menabrak belakang sebuah tanker bahan baker methanol di jalan raya di Provinsi Shaanxi, China, Minggu, (26/8/2012).

Ledakan hebat terjadi dan api membakar bus beserta tanker itu, dan  menyebabkan 36 orang tewas terpanggang. Sebagian korban adalah penumpang bus.

Kantor berita China, Xinhua sebagaimana dikutip kantor berita AFP, melaporkan, musibah ini merupakan kecelakaan di jalan raya China yang terburuk dalam satu tahun ini. Kedua kendaraan langsung diselimuti api, dan hanya tiga dari 39 penumpang bus yang selamat pada kejadian hari Minggu dinihari ini.

Polisi lalulintas menegaskan, fakta menunjukkan bahwa sebagian besar penumpang bus lagi tidur dilihat dari begitu banyaknya penumpang bus yang tewas. Juga diduga sebagian besar dari mereka tak bisa menyelamatkan diri karena hanya ada satu pintu keluar dari bus nahas itu.

Total 36 tubuh yang terbakar dikeluarkan dari bangkai bus dan tiga penumpang yang selamat dilarikan ke rumah sakit. Pengemudi tanker dan penumpang di tanker tadi diamankan di pos polisi setempat.

Dugaan kuat, bus tadi melaju kencang ketika tanker methanol itu  memasuki jalan raya dari sebuah stasiun bahan bakar umum. Bus tak bisa mengelak dan menghantam belakang tanker. Tanker meledak dan terbakar.

Kejadian ini berlangsung di Kota Yanan, Provinsi Shaanxi. Polisi China kini menyelidiki kasus yang terjadi di jalan raya Baotou-Maoming, jalan raya yang membentang dari kota Baotou di utara China hingga Provinsi Guangdong di China selatan.

Bus ini relatif tidak penuh penumpang dan meninggalkan Hohhot, di Mongolia Dalam pada sabtu pukul 17.00. Bus bergerak ke Xian, ibukota Provinsi Shaanxi.

Jalan raya di China menjadi tempat yang sangat berbahaya, dengan UU lalulintas yang longgar, tingkat keselamatan yang lemah, dan sopir truk dan bus yang kadang dibebani jam kerja berlebihan. Tahun lalu, tercatat 62.000 orang tewas di jalan raya di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com