Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Inggris Bisa Pahami Pangeran Harry

Kompas.com - 26/08/2012, 22:41 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com- Ulah Pangeran Harry (27), pewaris urutan ketiga tahta Kerajaan Inggris, yang tampil bugil dalam sebuah acara permainan biliar di sebuah kamar suite hotel di Las Vegas, AS, ternyata bisa dipahami sebagian besar rakyat Inggris. Ulah Pangeran Harry itu bisa dipahami karena dia masih seorang pemuda lajang dan terjadi dalam sebuah liburan pribadi.

Hasil pengumpulan pendapat YouGov yang dipublikasi suratkabar The Sunday Times, Minggu (26/8/2012), sebagaimana dikutip kantor berita AFP menyebutkan, 68 persen warga Inggris berpendapat, tingkah laku Pangeran Harry itu bisa diterima karena status pangeran itu yang seorang pria lajang dan terjadi saat liburan pribadi.

Gambar Pangeran Harry yang bugil dengan tangannya menutupi kelaminnya muncul hari Rabu lalu di situs gossip dan selebiritis AS, TMZ. Gambar itu kemudian melebar dan meluas di internet.

Keluarga Kerajaan Inggris dari Istana Buckingham membenarkan foto Pangeran Harry tadi benar dan asli. Istana Buckingham lantas mengimbau media cetak Inggris untuk tidak memuat foto sang pangeran yang berbugil ria tadi.

Imbauan ini dipenuhi media Inggris pada terbitan edisi hari Kamis. Namun, tabloid The Sun yang beroplah besar milik Raja Media Rupert Murdoch (81) hari Jumat memuat gambar Pangeran Harry tadi di halaman depan.

The Sun beralasan, gambar Pangeran Harry sudah dilihat diseluruh dunia lewat internet dan sangat lucu kalau rakyat Inggris tidak melihatnya. Semua langkah The Sun ini bagian dari menjunjung kebebasan pers. Murdoch sendiri dalam twiternya mendukung langkah The Sun.

Dari hasil pengumpulan pendapat tadi, sekitar 75 persen responden memberikan kesan positif soal tingkat laku Pangeran Harry. Pangeran yang juga adik Pangeran William, anak dari Pangeran Charles dan almarhumah Putri Diana itu kini seorang perwira AD Inggris dan pernah ikut perang di Afghanistan. Harry kini lagi latihan pilot yang menerbangkan helikopter tempur Apache.

Masih berkait soal pemuatan foto bugil Sang Pangeran itu, 61 persen responden berpendapat bahwa tabloid The Sun keliru dengan menerbitkan gambar Pangeran Harry. Hanya 25 persen dari responden yang mendukung keputusan The Sun itu.

Terpisah, badan pengawasan media di Inggris, Komisi Komplain Media, menerima lebih dari 850 keberatan yang mengecam The Sun menerbitkan gambar bugil Pangeran Harry.

Menteri Kebudayaan Inggris, Jeremy Hunt, yang sempat terancam mundur bulan April lalu karena dekat dengan Murdoch, kemarin juga mengecam kebijakan The Sun dengan gambar bugil Pangeran Harry itu.

"Secara pribadi saya tidak melihat publik tertarik dengan penerbitan seperti ini," ujar Hunt kepada televise BBC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com