Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilang Minyak Amuay Meledak, 19 Tewas

Kompas.com - 26/08/2012, 02:49 WIB

Caracas, Sabtu - Ledakan dahsyat terjadi pada kilang minyak terbesar di Venezuela, Sabtu (25/8) dini hari, menyebabkan sedikitnya 19 orang tewas dan 53 orang cedera. Insiden itu diduga kuat terjadi karena kebocoran gas. Kejadian ini disebut-sebut sebagai kecelakaan industrial terburuk di negara penghasil minyak terbesar di Amerika Selatan tersebut.

Ledakan terjadi di fasilitas pengilangan minyak di Amuay, kota di Semenanjung Paraguana, di barat laut negeri itu yang menghadap Laut Karibia. Gubernur Negara Bagian Falcon, Stella Lugo, mengonfirmasi jumlah korban lewat stasiun televisi negara AVN. ”Terdapat seorang anak berusia 10 tahun di antara korban- korban yang tewas,” ujar Lugo. Ia menambahkan, jumlah korban masih sangat mungkin bertambah.

Kobaran api berhasil dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran pada pagi hari. Asap tebal masih mengepul dari lokasi, tetapi Lugo mengatakan tak ada risiko ledakan lanjutan. ”Kami mengerahkan semua petugas pemadam kebakaran dan petugas kesehatan ke lokasi, sesuai perintah (Presiden Hugo) Chavez untuk menyelamatkan para korban,” ujar Lugo.

Menteri Energi Venezuela Rafael Ramirez mengatakan, ledakan dipicu oleh kebocoran gas. Namun, penyebab kebocoran itu masih diselidiki. ”Awan gas meledak, menyambar setidaknya dua tangki penyimpanan dan fasilitas lain di dalam kilang minyak tersebut,” katanya.

Ledakan itu sangat kuat dan menyebabkan kerusakan signifikan tak hanya pada kilang minyak, tetapi juga pada bangunan di sekitarnya. ”Infrastruktur dan rumah yang berada di depan kilang minyak tersebut juga terkena dampak ledakan,” kata Ramirez.

Aliran bahan bakar dihentikan terkait dengan ledakan itu. Tentara dikerahkan untuk mengamankan lokasi dan membantu menginvestigasi penyebab kejadian.

Belum diketahui seberapa jauh ledakan tersebut memengaruhi operasional kilang Amuay, yang sebelum peristiwa itu memiliki kapasitas produksi 645.000 barrel per hari. Belum diketahui juga seberapa jauh pengaruhnya pada produksi minyak keseluruhan negeri itu.

Kilang minyak Amuay merupakan bagian dari Pusat Pengilangan Minyak Paraguana, fasilitas pengilangan minyak terbesar kedua di dunia. Kapasitas total kilang Paraguana mencapai 955.000 barrel per hari.

Venezuela adalah pendiri Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Produksi minyak Venezuela, menurut catatan OPEC, mencapai 2,3 juta barrel per hari.

Tahun 2011, OPEC mengonfirmasi Venezuela sebagai negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia, yakni 296,5 miliar barrel. Jumlah cadangan minyak Venezuela ini melampaui Arab Saudi, produsen minyak terbesar di dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com