Kompas.com - 24/08/2012, 17:57 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov membantah keterlibatan warganya dalam kisruh perang saudara di Suriah. "Rakyat Chechnya tidak ada yang ikut terlibat perang di Suriah," katanya sebagaimana warta Interfax pada Jumat (24/8/2012).

Tak cuma membantah Kadyrov juga menuding kalau media Barat serta sejumlah organisasi berita lokal sebagai penyebar rumor tak sedap itu. "Informasi itu menyesatkan," ujar Kadyrov menegaskan.

Sejatinya, bukan kali ini saja Kadyrov membantah isu-isu seputar keterlibatan warganya dalam perang di Suriah. Bulan lalu, beberapa media Barat melaporkan kalau ada 6.000 sukarelawan berkewarganegaraan Chechnya yang bertempur bersama kelompok oposisi Suriah. Media-media itu juga menyebutkan selain dari Chechnya, ada sukarelawan berasal dari Aljazair, Mesir, Tunisia, dan Saudi Arabia yang bertempur bersama oposisi Suriah melawan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Menurut Kadyrov, kemudian, isu-isu soal keterlibatan pihak Chechnya berangkat dari sikap Rusia terhadap konflik Suriah. Rusia sampai kini berpegang teguh pada prinsip penyelesaian internasional berikut resolusi PBB untuk Suriah. "Chechnya mendukung kebijakan Rusia menyikapi Suriah," demikian Ramzan Kadyrov.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.