Kompas.com - 24/08/2012, 13:25 WIB
|
EditorRusdi Amral

NEW YORK, KOMPAS.com — Salah satu tentara AS pembunuh Osama bin Laden menulis buku tentang kehidupan militer. Di dalamnya akan dirinci salah satu misi serangan militer AS yang paling terkenal. Penulis menggunakan nama Mark Owen. Ini bukan nama sebenarnya. Namun yang jelas, si penulis turut menyaksikan langsung kematian Bin Laden.

No Easy Day: The Firsthand Account Of The Mission That Killed Osama Bin Laden adalah judul buku yang sudah dipromosikan Amazon.com dan beredar di publik pada 11 September mendatang. Peredaran buku ini diduga akan turut mempengaruhi pertarungan antara Presiden AS Barack Obama dan Mit Romney.

Si penulis sudah meninggalkan dinas militer setelah melakukan 13 kali serangan. Puncaknya adalah Operation Neptune Spear di Abbottabad, Pakistan, pada Mei 2011 yang bertujuan menyerang rumah Bin Laden.

Kevin Maurer, seorang wartawan, turut membantu penulisan buku tersebut. Owen mengatakan buku itu juga akan berisikan kisah para tentara penyerang, korban-korban yang dialami penyerang, pengorbanan yang mereka lakukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kotor. Diduga kuat, Gedung Putih turut membantu penulisan buku dengan memberi rincian informasi di balik serangan Bin Laden untuk keuntungan politik.

Gedung Putih tidak bersedia mengomentari peluncuran buku tersebut. Fox News memberitakan bahwa Owen sebenarnya adalah Matt Bissonnette, asal Alaska, berusia 36 tahun. Owen mengatakan tujuannya menulis buku itu adalah memberi inspirasi kepada kawula muda untuk meraih impiannya. Dikatakan juga, hasil penjualan buku itu akan disumbangkan ke yayasan penolong keluarga korban pasukan Navy SEALs yang gugur dalam tugas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.