Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Diskusikan Syarat Dana Talangan

Kompas.com - 24/08/2012, 08:50 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Spanyol sedang dalam pembicaraan dengan para mitranya di Zona Euro tentang syarat bantuan untuk menurunkan biaya pinjaman. Namun sejauh ini pihak Madrid masih belum membuat keputusan untuk meminta dana talangan guna membantu pemulihan perekonomian negara itu.

Tim analis Monex Investindo Futures di Jakarta, Jumat (24/8/2012) menyatakan, pilihan yang disukai dalam diskusi itu yaitu melihat kemungkinan dana penyelamatan Zona Euro untuk membeli surat utang Spanyol pada lelang utama. Bank Sentral Eropa selanjutnya akan melakukan intervensi di pasar sekunder. Itu akan sejalan dengan proposal yang digariskan oleh Presiden ECB Mario Draghi untuk membantu pemerintah yang sedang kesulitan pada awal bulan ini.

Menurut Reuters, juru bicara Kementerian Ekonomi mengatakan bahwa Spanyol sedang menunggu pertemuan ECB Governing Council pada 6 September, dengan harapan adanya informasi lanjut tentang rencana intervensi bank. Penyelesaian krisis utang di Eropa terus menjadi perdebatan. Dalam pernyataannya kemarin, Kanselir Jerman Angela Merkel mengungkapkan, di tengah jalan panjang dan mungkin melelahkan, Uni Eropa akan terus kuat sebagai satu kesatuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com