Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saif Khadafy Diadili September

Kompas.com - 24/08/2012, 08:14 WIB

Saif al-Islam Khadafy, putra mantan pemimpin Libya Muammar Khadafy, akan diadili bulan September, menurut juru bicara kejaksaan negara itu.

Saif al-Islam, 40, akan diadili di kota Zintan, tempat ia ditahan sejak ditangkap tahun lalu.

Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) yang mengeluarkan surat penahanan atas kejahatan terhadap kemanusiaan, mengatakan mereka mengetahui berita rencana pengadilan itu namun belum dikontak Libya.

Saif al-Islam mengatakan ia ingin diadili di ICC, di Den Haag, Belanda. Para aktivis menyatakan khawatir ia akan menghadapi hukuman mati bila dinyatakan bersalah di Libya.

Kejahatan sejak awal revolusi
Saif al-Islam dianggap sebagai calon pengganti Kolonel Khadafy sebelum pemberontakan terjadi.

Khadafy -yang memerintah Libya selama 42 tahun- tewas setelah ditangkap kelompok perlawanan Oktober lalu.

Juru bicara kejaksaan Taha Nasser Baara, mengatakan, "Komisi kejaksaan telah menyelesaikan penyelidikan kejahatan yang dilakukan Saif al-Islam mulai dari awal revolusi tanggal 15 Februari (2011) dan telah mempersiapkan dakwaan."

Baara mengatakan dakwaan itu akan "disepakati oleh kejaksaan dalam beberapa hari ini dan akan menetapkan tanggal pengadilan pada bulan September."

Saif al-Islam ditahan di Zintan, yang terletak 170 km di barat daya Tripoli. Kelompok milisi yang menahannya menuntut agar ia diadili di Zintan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com