Kompas.com - 24/08/2012, 07:31 WIB
|
EditorKistyarini

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga minyak mentah West Texas Intermediate merosot dari posisi tertinggi dalam tiga bulan menyusul pernyataan Kanselir Jerman Angela Merkel yang mengharapkan Yunani untuk memenuhi persyaratan dana talangan dan adanya sikap skeptis bahwa bank-bank sentral akan melonggarkan kebijakan moneter lebih lanjut.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran Oktober merosot 99 sen menjadi 96,27 dollar AS per barel, di New York Mercantile Exchange, Kamis waktu setempat atau Jumat (24/8/2012) pagi.

Harga minyak Brent untuk penetapan Oktober justru naik, yakni sebesar 10 sen menjadi 115,01 dollar AS per barrel, di ICE Futures Europe Exchange yang berbasis di London.

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande akan mengoordinasikan pendekatan mereka terhadap Yunani untuk menjaga tekanan mereka terhadap negara dewa-dewi itu. Yunani diharapkan merombak perekonomiannya demi memenuhi persyaratan mendapatkan dana talangan.

Lalu, ada keraguan bank-bank sentral bisa melonggarkan kebijakan moneternya. Ini terjadi meskipun catatan pertemuan Bank Sentral AS pada beberapa minggu lalu yang dirilis kemarin menunjukkan banyak pembuat kebijakan yang menginginkan stimulus tambahan demi mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Harga terpukul setelah Merkel menegaskan bahwa dia tidak akan memberikan persyaratan yang lebih mudah kepada Yunani," sebut John Kilduff, mitra di Again Capital LLC yang berbasis di New York. "Harapan terhadap pelonggaran moneter telah berkurang, di mana itu membebani semua pasar."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.