Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Akan Berkunjung ke Iran

Kompas.com - 23/08/2012, 14:39 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, akan menghadiri KTT Gerakan Non Blok di Iran pekan depan. Sebanyak 40 pemimpin dunia dijadwalkan hadir dalam KTT tersebut. Kunjungan Kim Jong Un itu akan merupakan perjalanan pertamanya keluar negeri sebagai pemimpin negeri yang terisolasi tersebut.

KTT Gerakan Non Blok di Teheran yang akan dihadiri Kim itu dijadwalkan pada 26-31 Agustus.

Seperti dilansir NBC News, Kamis (23/8/2012), itu akan merupakan perjalanan pertama Kim ke luar negeri sejak menduduki tampuk kekuasaan di Korea Utara setelah kematian ayahnya Desember lalu.

Meski ada sejumlah sinyal dalam beberapa bulan terakhir bahwa ia mungkin mereformasi struktur sosial dan ekonomi Korea Utara yang ketat, kunjungannya ke Iran menunjukkan bahwa dia tidak siap untuk mengubah kebijakan luar negeri itu.

Gerakan Non Blok merupakan kelompok negara-negara yang tidak menganggap dirinya sebagai sekutu dari blok kekuatan utama dunia. Gerakan tersebut didirikan tahun 1961 pada puncak Perang Dingin oleh negara-negara yang tidak ingin memihak NATO atau Pakta Warsawa

KTT Gerakan Non Blok diselenggarakan setiap tiga tahun dan tuan rumahnya berpindah-pindah di antara sekitar 120 negara anggotanya. Anggota Gerakan Non Blok antara lain India, Pakistan, Irak, Afganistan, Kuba, dan Indonesia.

Langkah Kim itu telah terlacak sejak ia menjadi pemimpin rezim otoriter di Pyongyang. Sebelum kematian ayahnya, hampir tidak ada yang diketahui tentang dia. Dalam beberapa bulan terakhir, tampak bahwa ia mengadopsi gaya kepemimpinan yang berbeda dengan almarhum ayahnya, Kim Jong Il. Dia misalnya baru-baru ini muncul di sebuah taman hiburan dan berada bersama anak-anak sekolah. Kesan yang yang timbul adalah bahwa dia lebih mudah dekati dan lebih ramah ketimbang ayahnya. Bulan lalu, terungkap bahwa dia menikah dengan seorang perempuan cantik bernama Ri Sol Ju.

Citra satelit paling baru menunjukkan bahwa konstruksi fasilitas nuklir Korea Utara sedang mengalami percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com