Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Ultah Seekor Buaya Digelar Semalam Suntuk

Kompas.com - 23/08/2012, 11:03 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Perayaan ulang tahun biasanya memang diupayakan untuk berlangsung meriah. Namun, bagaimana jadinya jika perayaan itu dihelat untuk seekor buaya? Ya, perayaan ulang tahun yang unik itu digelar di Parepare sejak Rabu (22/8/2012) malam hingga Kamis (23/8/2012) dini hari. 

Adalah "Becce", seekor buaya peliharaan Aminah (45) bersama suaminya, Nasram (46), warga Jalan Liu Buloe, Kelurahan Lompoe, Bacukiki Barat, Parepare, Sulawesi Selatan, yang merayakan ulang tahun kelima semalam suntuk.

Alunan musik acara Mappadendang yang digelar di halaman rumah panggung Aminah menambah semarak pesta ultah buaya betina itu. Acara berlangsung mulai pukul 20.00 hingga Kamis dini hari.

Layaknya pesta ulang tahun yang dijalani orang kebanyakan, pesta ultah buaya ini pun dihadiri ratusan warga sekitar dan bahkan tokoh masyarakat setempat. Tak ketinggalan penabuh Mappadendang berjumlah 10 orang, dengan 8 orang wanita berpakaian kebaya dan 2 orang pria di ujung lesung, beraksi mengeluarkan irama yang teratur. Di sisi lain, dua orang pesilat pria memperlihatkan kemampuannya dengan bertarung menggunakan alu mengikuti irama alu.

Di atas rumah panggung Aminah yang hanya berukuran 15 x 7 meter, para tamu berjejalan hendak melihat ritual Mappangolo (persembahan) terhadap buaya Becce. Nasi ketan empat warna dan sejumlah buah-buahan disimpan atas ranjang yang dihiasai seprei berwarna merah. "Di hari ulang tahun Becce (Puang Nene), sengaja kita peringati sebagai agenda rutin, dan juga selama lima tahun kebersamaan kita, Becce tidak pernah mengamuk sekali pun. Dia adalah jelmaan dari buyut kami yang beberapa tahun ini tinggal di air," ujar Aminah, sambil membelai mulut Becce.

Buaya kesayangan Aminah itu pun terlihat mengenakan perhiasan berupa rantai yang terbuat dari emas, kalung emas, yang dikenakan di kaki bagian depan sebelah kanan. "Semua perhiasan Puang Nene dikenakan, itu atas permintaan dia sendiri melalui mimpi," kata Aminah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com