Kompas.com - 23/08/2012, 09:24 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa global sepanjang libur Lebaran kemarin relatif melemah tipis. Indeks Dow Jones industrial average turun atau -0,8 persen, S&P -0,3 persen, Nikkei -0,3 persen, HangSeng -1,1 persen dan FTSE -1,3 persen. Indeks Harga Saham Gabungan pun diperkirakan akan bergerak terbatas pada perdagangan Kamis (23/8/2012) ini.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, pelemahan bursa global seiring koreksi signifikan yang terjadi pada perdagangan kemarin memfaktorkan sentimen negatif dari rilis data defisit perdagangan Jepang yang mencapai level tertinggi di bulan Juli akibat perlambatan ekspor ke Uni Eropa dan China.

Sementara harga komoditas menguat cukup signifikan sepanjang libur Lebaran dengan harga minyak +1,4 persen ke level 97,2 dollar AS per barrel diikuti harga metal dunia seperti nikel (+3,6 persen), timah (7,7 persen) dan CPO (4,6 persen). Bursa Asia sendiri pagi ini bergerak variatif dengan kecenderungan menguat seiring spekulasi The Fed akan meluncurkan stimulus baru di FOMC September mendatang mengkompensasi sentimen negatif dari masih menggantungnya keputusan atas penambahan nilai bail-out untuk Yunani.

Harga minyak pagi ini kembali menguat ke level 97,6 dollar AS per barrel. IHSG sendiri hari ini diperkirakan tidak akan bergerak terlalu banyak seiring bursa global yang hanya melemah tipis sepanjang libur panjang kemarin. Namun demikian, saham-saham sektor komoditas diperkirakan akan menguat seiring penguatan harga komoditas sepanjang libur panjang. Resistance indeks berada di level 4.190.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.