Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Komoditas Siap-siap Menguat

Kompas.com - 23/08/2012, 09:24 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa global sepanjang libur Lebaran kemarin relatif melemah tipis. Indeks Dow Jones industrial average turun atau -0,8 persen, S&P -0,3 persen, Nikkei -0,3 persen, HangSeng -1,1 persen dan FTSE -1,3 persen. Indeks Harga Saham Gabungan pun diperkirakan akan bergerak terbatas pada perdagangan Kamis (23/8/2012) ini.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, pelemahan bursa global seiring koreksi signifikan yang terjadi pada perdagangan kemarin memfaktorkan sentimen negatif dari rilis data defisit perdagangan Jepang yang mencapai level tertinggi di bulan Juli akibat perlambatan ekspor ke Uni Eropa dan China.

Sementara harga komoditas menguat cukup signifikan sepanjang libur Lebaran dengan harga minyak +1,4 persen ke level 97,2 dollar AS per barrel diikuti harga metal dunia seperti nikel (+3,6 persen), timah (7,7 persen) dan CPO (4,6 persen). Bursa Asia sendiri pagi ini bergerak variatif dengan kecenderungan menguat seiring spekulasi The Fed akan meluncurkan stimulus baru di FOMC September mendatang mengkompensasi sentimen negatif dari masih menggantungnya keputusan atas penambahan nilai bail-out untuk Yunani.

Harga minyak pagi ini kembali menguat ke level 97,6 dollar AS per barrel. IHSG sendiri hari ini diperkirakan tidak akan bergerak terlalu banyak seiring bursa global yang hanya melemah tipis sepanjang libur panjang kemarin. Namun demikian, saham-saham sektor komoditas diperkirakan akan menguat seiring penguatan harga komoditas sepanjang libur panjang. Resistance indeks berada di level 4.190.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com