Kompas.com - 22/08/2012, 18:34 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Di usianya yang ke 34, panda jantan raksasa bernama Bao Bao mati. Pencapaian usia ini adalah tergaek alias teruzur sedunia bagi hewan asal China yang menjadi salah satu ikon Kebun Binatang Berlin, Jerman.

Menurut warta Xinhua pada Rabu (22/8/2012), pihak kebun binatang masih menyelidikan penyebab kematian Bao Bao. "Menyedihkan. Namun, Bao Bao tetap tak terlupakan," kata pernyataan pihak kebun binatang.

Menurut pihak pengelola Kebun Binatang Berlin, dalam beberapa bulan belakangan, kondisi fisik Bao Bao memang terlihat menurun. Bao Bao adalah hadiah pemerintah Republik Rakyat China untuk pemerintah Republik Jerman, kala itu, bersama dengan seekor panda betina Tian Tian. Pemerintah China menyerahkan keduanya pada November 1980.

Tian Tian lebih dahulu mati pada Februari 1984. Sampai dengan November 1991, Bao Bao hidup sendirian hingga dikirim ke Inggris untuk dikawinkan dengan panda betina Ming Ming.

Namun begitu, upaya mempertemukan keduanya tidak membuat Ming Ming bunting. Pada Mei 1993, Bao Bao dipulangkan kembali ke Berlin.

Pada 1995, seekor panda betina bernama Yan Yan dikirimkan dari Beijing ke Berlin. Lagi-lagi, upaya ini untuk membangkitkan berahi Bao Bao demi membuahkan keturunan.

Sayangnya, untuk kali kedua, langkah ini gagal. Yan Yan mati di Berlin pada Maret 2007. Hingga akhir hidupnya, Bao Bao tak punya anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.