Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia dan China Peringatkan Barat Soal Suriah

Kompas.com - 22/08/2012, 14:29 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, memperingatkan Barat untuk tidak melakukan aksi sepihak terhadap Suriah. Ia mengatakan, Rusia dan China sepakat bahwa pelanggaran hukum internasional dan piagam PBB tidak dapat dibenarkan.

Rusia dan China menentang intervensi militer di Suriah dalam 17 bulan pertumpahan darah dan memveto tiga resolusi Dewan Keamanan PBB yang didukung Barat dan negara-negara Arab untuk meningkatkan tekanan terhadap Damaskus agar menghentikan aksi kekerasan. Lavrov, yang dikutip kantor-kantor berita Rusia dalam satu pertemuan dengan diplomat penting China, berbicara sehari setelah Presiden Amerika Serikat Barack Obama, dalam beberapa pernyataan paling kerasnya, mengatakan pasukan AS dapat dikerahkan menghadapi Presiden Bashar Al Assad jika ia menggunakan senjata-senjata kimia terhadap pemberontak yang berusaha menggulingkannya.

Rusia dan China mendasarkan kerja sama diplomatik mereka pada "keperluan untuk melaksanakan dengan ketat norma-norma hukum internasional dan prinsip-prinsip Piagam PBB, dan tak mengizinkan pelanggaran terhadap peraturan itu", lapor Interfax yang mengutip pernyataan Lavrov dalam satu pertemuan dengan Penasehat Negara China, Dai Bingguo.

"Saya kira ini adalah jalan yang benar dalam situasi sekarang," kata Lavrov.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com