Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Desak Mesir Tarik Pesawat dari Sinai

Kompas.com - 22/08/2012, 07:44 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Israel mendesak Mesir untuk membatasi atau memindahkan senjata-senjata berat dan pesawat tempurnya dari Semenanjung Sinai, media lokal melaporkan, Selasa (21/8/2012).

Seperti diberitakan Mesir mengerahkan persenjataan dan pesawat tempurnya dalam beberapa pekan terakhir ini untuk menumpas kelompok teror yang menyerang pos-pos perbatasan Mesir dengan Israel itu.

Israel mengirim pesan itu kepada Pemerintah Mesir melalui Gedung Putih, dengan harapan permintaan itu menjadi lebih berbobot bila melalui Amerika, kata laporan tersebut.

Sumber-sumber keamanan Mesir mengakui bahwa pemerintah mengerahkan angkatan bersenjata, termasuk tank-tank dan kendaraan lapis baja lainnya, peluncur roket dan peralatan lainnya ke Sinai, kata Times of Israel.

Juru bicara kantor Perdana Menteri Israel tidak mengomentari laporan tersebut, ketika ditanyakan oleh Xinhua pada Selasa, dan sumber-sumber departemen luar negeri serta kementerian pertahanan mengatakan, mereka tidak mengetahui berita tersebut.

Sementara para pejabat Israel mendesak Mesir menggunakan tindakan keras untuk melawan gerilyawan, beberapa pejabat di negara itu menyaksikan pengerahan kekuatan militer tersebut dengan kekhawatiran. Sebab, itulah untuk kali pertama Kairo menempatkan militer dalam jumlah besar sejak perang dengan Israel pada 1973.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com