Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Keluarga, Seekor Buaya Dirayakan Ultahnya

Kompas.com - 22/08/2012, 04:57 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Lima tahun sudah Aminah (45) bersama suaminya, Nasram (46), dan anak mereka hidup bersama seekor buaya. Pasangan ini menjadi pemberitaan karena memelihara atau lebih tepatnya mengasuh seekor buaya yang mereka beri nama Becce layaknya anggota keluarga sendiri.

Aminah, warga Jalan Liu Buloe, Kelurahan Lompoe, Bacukiki Barat, Parepare, Sulawesi Selatan, itu bahkan menggelar acara adat untuk merayakan ulang tahun Becce, sang buaya.

"Besok kita gelar acara Mappadendang, atau menumbuk alu pada lesung yang berbentuk perahu sehingga menimbulkan bunyi," ujar Amina saat mempersiapkan peringatan ulang tahun hewan yang dianggap buyutnya tersebut, Selasa (21/8/2012).

"Selain alat padendang, kita juga mempersiapkan sesajen berupa nasi ketan empat warna, yakni putih, merah, kuning, dan hitam yang menandakan tanah, api, air, dan angin," ujar Aminah.

Undangan untuk kerabat dan tetangga sudah disebar. Menyambut ulang tahun Becce, Aminah pun berdandan mengenakan kebaya berwarna merah jambu dengan rambut dikonde berhiaskan bunga. "Seperti tahun sebelumnya, acara ini ramai pengunjung, biasanya kita gelar malam hari," terang Aminah.

Becce ditemukan di dekat Sungai Karaja’e, tidak jauh dari rumah Aminah, tahun 2008. Kala itu, Becce naik di badan jalan. Saat hendak dipukuli oleh sejumlah warga, lurah setempat mencegahnya.

Mendengar adanya seekor buaya yang ditemukan naik di badan jalan, Aminah dan Nasram pun penasaran. Konon, ketika melihat Aminah, Becce langsung mengeluarkan air mata, seakan meminta belas kasihan kepada Aminah.

Seketika itu pula sejumlah warga yang melihat kejadian itu mengurungkan niat untuk membunuh Becce. "Waktu saya melihat Becce, dia langsung meneteskan air mata, seakan berkata, 'Bawa aku pulang',” kata Aminah.

Akhirnya, sejumlah warga mengizinkan Aminah membawa Becce ke rumahnya. Saat itu, Becce masih berukuran 1 meter. Aminah yakin buaya yang dipeliharanya merupakan kembaran dari salah seorang anggota keluarganya. Itulah sebabnya, dia tak segan memperlakukan buaya itu layaknya anak sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com