Kompas.com - 20/08/2012, 17:15 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Hari ini, 23 pemantau PBB untuk Suriah meninggalkan negeri itu menuju Beirut, Lebanon. Sejatinya, masa tugas Misi Supervisi PBB untuk Suriah (UNSMIS) selesai pada Minggu (19/8/2012) kemarin.

Pada Senin dini hari, tulis Xinhua, 134 pemantau PBB meninggalkan Provinsi Homs dan tiba di Damaskus. Beberapa pemantau diharapkan tiba pula di ibu kota Suriah dari Provinsi Deir al-Zour. "Di Homs sudah tak ada lagi pemantau PBB," kata pihak UNSMIS.

Sampai kini, meski belum terhitung tepat, masih ada 90 anggota pemantau PBB di seantero Suriah. Masa tugas pemantau itu mulai pada April tahun ini. Sayang, konflik bersaudara di negara itu masih saja berkepanjangan.

Pada Kamis (16/8/2012), PBB tidak memperpanjang mandat UNSMIS. PBB sepakat mendirikan kantor perwakilan sipilnya di Damaskus.

Pada Sabtu (18/8/2012), Kepala UNSMIS Babacar Gaye mengatakan dirinya frustrasi lantaran misinya tidak mampu menciptakan gencatan senjata di Suriah. Namun, Gaye mengaku merasa nyaman lantaran kehadiran PBB di Suriah tetap dipertahankan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.