Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FOTO: Warga Aleppo Mengantre Roti saat Idul Fitri

Kompas.com - 20/08/2012, 13:06 WIB

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri yang penuh suka cita tidak dirasakan oleh sebagian besar rakyat Suriah. Mereka terus dibayangi ketakutan karena pertempuran antara tentara pemerintah Presiden Bashar al-Assad dengan pasukan pemberontak tidak juga berhenti.

Di Aleppo, kota terbesar kedua setelah ibukota Damaskus, makanan menjadi barang yang langka, setelah selama beberapa pekan kota itu menjadi medan pertempuran sengit antara kedua pihak. Untuk mendapatkan makanan, mereka harus mengantre di toko-toko roti yang jumlahnya tidak banyak sebab banyak tempat usaha yang tutup akibat pertempuran.

Persenjataan berat dan serangan udara militer Suriah telah menghancurkan sebagian besar bangunan di kota itu. Banyak warga yang memilih mengungsi ke tempat yang dianggap lebih aman. Yang memilih bertahan, harus rela hidup dalam ketakutan sewaktu-waktu pertempuran pecah di sekitar tempat perlindungan mereka.

Pada Sabtu (18/8/2012) atau hari terakhir Bulan Ramadhan, helikopter-helikopter pemerintah menjatuhkan selebaran di kota itu. Isinya, desakan agar warga Aleppo tidak menampung tentara pemberontak serta peringatan pada Pasukan Pembebasan Suriah bahwa inilah kesempatan terakhir mereka untuk menyerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com