Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit Kontingen Garuda Gelar Sholat Id di Markas UNIFIL Lebanon

Kompas.com - 19/08/2012, 22:57 WIB

LEBANON, Kompas.com - Prajurit INDO FPC D2 KONGA XXVI yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon (UNIFIL) ikut merayakan kebahagiaan hari raya Idul Fitri. Prajurit yang beragama Islam melaksanakan sholat Id di lapangan INDO FPC Sudirman Camp.

Pelaksanaan sholat itu dihadiri juga oleh seluruh prajurit Kontingen Garuda yang bertugas di markas UNIFIL dari satgas FHQSU, MCOU, CIMIC, SO serta kontingen dari negara lain. Rangkaian kegiatan dimulai dari takbir bersama pada malam hari sebelumnya, kemudian sholat id di pagi hari dilanjutkan ramah tamah.

Hal tersebut merupakan momen yg sangat membanggakan sekaligus mengharukan karena walaupun terpisah dengan sanak keluarga, parajurit Indonesia tetap dapat merayakan Lebaran dengan penuh khidmat. Jauh dari keluarga dan kampung halaman serta berada di negara orang untuk misi memelihara perdamaian, ternyata tidak mengurangi semangat serta kebahagiaan para Tentara Indonesia yg sedang berada di Lebanon untuk merayakan hari kemenangan sebagai umat muslim, tanpa mengurangi kesiapsiagaan dan tugas yang telah dibebankan sehari-hari.

Indonesia menggelar sholat id yang dihadiri oleh seluruh personel muslim dari berbagai negara. Sholat id dipimpin Lekol Abdul Ghani dan sebagai penceramah Komandan Kontingen Garuda XXVI Kolonel Adm Darmawan Bhakti.

Dalam ceramahnya, Darmawan menyampaikan kepada seluruh prajurit kontingen Garuda agar mempertahankan nilai-nilai moral yang telah didapatkan selama pelaksanaan puasa di bulan Ramadhan, untuk dijadikan landasan dalam peningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, serta pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari Pasukan Garuda pemelihara perdamaian di Lebanon.

Meskipun jauh dari kampung halaman, tetapi suasana perayaan Hari Raya Idul Fitri yang diselenggarakan oleh kontingen Garuda di Lebanon tidak jauh berbeda dengan suasana di Indonesia. Pasalnya, ada menu ketupat dan opor ayam pada acara ramah tamah, yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dan kontingen negara lain. (*)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com