Kompas.com - 19/08/2012, 22:57 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LEBANON, Kompas.com - Prajurit INDO FPC D2 KONGA XXVI yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon (UNIFIL) ikut merayakan kebahagiaan hari raya Idul Fitri. Prajurit yang beragama Islam melaksanakan sholat Id di lapangan INDO FPC Sudirman Camp.

Pelaksanaan sholat itu dihadiri juga oleh seluruh prajurit Kontingen Garuda yang bertugas di markas UNIFIL dari satgas FHQSU, MCOU, CIMIC, SO serta kontingen dari negara lain. Rangkaian kegiatan dimulai dari takbir bersama pada malam hari sebelumnya, kemudian sholat id di pagi hari dilanjutkan ramah tamah.

Hal tersebut merupakan momen yg sangat membanggakan sekaligus mengharukan karena walaupun terpisah dengan sanak keluarga, parajurit Indonesia tetap dapat merayakan Lebaran dengan penuh khidmat. Jauh dari keluarga dan kampung halaman serta berada di negara orang untuk misi memelihara perdamaian, ternyata tidak mengurangi semangat serta kebahagiaan para Tentara Indonesia yg sedang berada di Lebanon untuk merayakan hari kemenangan sebagai umat muslim, tanpa mengurangi kesiapsiagaan dan tugas yang telah dibebankan sehari-hari.

Indonesia menggelar sholat id yang dihadiri oleh seluruh personel muslim dari berbagai negara. Sholat id dipimpin Lekol Abdul Ghani dan sebagai penceramah Komandan Kontingen Garuda XXVI Kolonel Adm Darmawan Bhakti.

Dalam ceramahnya, Darmawan menyampaikan kepada seluruh prajurit kontingen Garuda agar mempertahankan nilai-nilai moral yang telah didapatkan selama pelaksanaan puasa di bulan Ramadhan, untuk dijadikan landasan dalam peningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, serta pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari Pasukan Garuda pemelihara perdamaian di Lebanon.

Meskipun jauh dari kampung halaman, tetapi suasana perayaan Hari Raya Idul Fitri yang diselenggarakan oleh kontingen Garuda di Lebanon tidak jauh berbeda dengan suasana di Indonesia. Pasalnya, ada menu ketupat dan opor ayam pada acara ramah tamah, yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dan kontingen negara lain. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.