Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Jepang Kibarkan Bendera di Senkaku

Kompas.com - 19/08/2012, 14:56 WIB
Simon Saragih

Penulis

 

KEPULAUAN SENKAKU, KOMPAS.com- Setelah menempuh perjalanan selama  10 jam dengan kapal-kapal kecil, para aktivis nasionalis Jepang tiba di Kepulauan Senkaku. Mereka langsung mengibarkan bendera di wilayah yang disengketakan dengan Taiwan dan China, yang juga dinamai Diaoyu.

Para aktivis itu mengatakan Senkaku adalah milik Jepang dan mereka berada di sana untuk membuktikan itu.  Mereka membalas tindakan warga China, yang pada tanggal 15 Agustus lalu mendarat di kepulauan itu tetapi telah dideportasi oleh Jepang.

"Tidak diragukan lagi, ini jelas milik Jepang,"kata Eiji Kosaka salah satu aktivis yang tiba di kepulauan itu, sebagaimana diberitakan kantor berita Agence France Presse (AFP), Minggu (19/8/2012).

Pemerintah Jepang sudah mengingatkan mereka agar tidak berkunjung ke wilayah sengketa yang diduga akan membuat China marah. Namun para aktivis nasionalis itu tetap berangkat.

Menteri Luar Negeri Taiwan Timothy Yang langsung memanggil Dubes de facto Jepang di Taiwan atas kejadian itu. Taiwan mengatakan Senkaku adalah Diaoyu, yang menjadi milik Taiwan. China selalu menganggap Taiwan menjadi bagian dari wilayahnya dan otomatis menganggap Diaoyu milik China juga.

Tidak disebutkan apa hasil pembicaraan tetapi Taiwan mengingatkan bahwa Jepang sebaiknya menghentikan tindakan provokasi sepihak seperti itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com