Kompas.com - 19/08/2012, 12:00 WIB
EditorKistyarini

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri untuk umat Islam Amerika Serikat dan seluruh dunia, Sabtu (18/8/2012).

Umat Muslim Amerika Serikat pada Sabtu sudah mengakhiri puasanya untuk kemudian merayakan Idul Fitri.

"Michelle dan saya menyampaikan salam hangat untuk umat Muslim di Amerika Serikat dan seluruh dunia yang merayakan Idul Fitri," kata Obama dalam pernyataan resmi yang dirilis Gedung Putih.

"Bagi umat Muslim, Ramadhan adalah saat untuk berpuasa, berdoa, dan memperbarui jiwa," tambah Obama.

"Empat pekan terakhir ini juga adalah waktu untuk melayani mereka yang berkekurangan, sebuah pengingat bagi umat agama apa pun akan kewajiban mereka," sambung Obama.

Perkuat demokrasi

Dalam pesannya itu, Obama tak hanya menyampaikan selamat untuk umat Muslim di seluruh dunia, tetapi dia juga menyampaikan pesan perdamaiannya.

Peringatan Idul Fitri di Amerika Serikat, lanjut Obama, menunjukkan bahwa keberadaan berbagai agama di negeri itu memperkaya kehidupan nasional Amerika dan memperkuat demokrasi.

"Perayaan ini juga memperkuat kebebasan yang kami perjuangkan, termasuk kebebasan beragama," tegasnya.

"Itulah sebabnya, kami membela umat semua agama di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia dalam rangka melindungi hak asasi manusia universal," tandas Obama.

Pada 2010, umat Muslim di Amerika Serikat tercatat 2.600.000 orang atau sekitar 0,8 persen dari jumlah penduduk negeri itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.