Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama Ucapkan Selamat Idul Fitri

Kompas.com - 19/08/2012, 12:00 WIB

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri untuk umat Islam Amerika Serikat dan seluruh dunia, Sabtu (18/8/2012).

Umat Muslim Amerika Serikat pada Sabtu sudah mengakhiri puasanya untuk kemudian merayakan Idul Fitri.

"Michelle dan saya menyampaikan salam hangat untuk umat Muslim di Amerika Serikat dan seluruh dunia yang merayakan Idul Fitri," kata Obama dalam pernyataan resmi yang dirilis Gedung Putih.

"Bagi umat Muslim, Ramadhan adalah saat untuk berpuasa, berdoa, dan memperbarui jiwa," tambah Obama.

"Empat pekan terakhir ini juga adalah waktu untuk melayani mereka yang berkekurangan, sebuah pengingat bagi umat agama apa pun akan kewajiban mereka," sambung Obama.

Perkuat demokrasi

Dalam pesannya itu, Obama tak hanya menyampaikan selamat untuk umat Muslim di seluruh dunia, tetapi dia juga menyampaikan pesan perdamaiannya.

Peringatan Idul Fitri di Amerika Serikat, lanjut Obama, menunjukkan bahwa keberadaan berbagai agama di negeri itu memperkaya kehidupan nasional Amerika dan memperkuat demokrasi.

"Perayaan ini juga memperkuat kebebasan yang kami perjuangkan, termasuk kebebasan beragama," tegasnya.

"Itulah sebabnya, kami membela umat semua agama di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia dalam rangka melindungi hak asasi manusia universal," tandas Obama.

Pada 2010, umat Muslim di Amerika Serikat tercatat 2.600.000 orang atau sekitar 0,8 persen dari jumlah penduduk negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com