Kompas.com - 18/08/2012, 12:10 WIB
|
EditorKistyarini

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan ringan berpeluang terjadi di wilayah Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Tetapi peluang hujan tersebut diperkirakan tidak terjadi untuk Pulau Jawa.

Menurut data yang dirilis BMKG di Posko Lebaran 2012-Kementerian Perhubungan pada Sabtu (18/8/2012) siang, pada kondisi cuaca jalur darat, hujan ringan diperkirakan terjadi di sebagian besar Kalimantan. Bahkan Kalimantan Barat bagian barat berpeluang hujan sedang. Sebagian Aceh Utara, sebagian Sumatera Utara, Batam, dan sebagian Sumatera Selatan bagian barat berpeluang hujan ringan.

Hal yang sama juga bisa terjadi di sebagian besar Sulawesi, Gorontalo, sebagian besar Maluku Utara, dan Papua bagian tengah, dan Merauke. Sedangkan peluang hujan sedang lainnya bisa terjadi di Sulawesi Tengah bagian timur. Untuk Pulau Jawa, BMKG tidak melaporkan adanya peluang hujan dengan intensitas ringan ataupun sedang.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan adanya peringatan dini cuaca yakni adanya kemungkinan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir di daerah Aceh bagian barat, tengah, dan selatan.

BMKG juga mengingatkan masyarakat di Kepulauan Kai dan Tanimbar akan peluang terjadinya angin kencang lebih dari 30 kilometer per jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.