Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini Puncak Arus Mudik

Kompas.com - 16/08/2012, 18:21 WIB
Harry Susilo

Penulis

CIKOPO, KOMPAS.com- PT Jasa Marga memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Kamis (16/8) malam nanti atau tiga hari menjelang Lebaran. Jika sesuai perkiraan, gelombang kendaraan pemudik akan membeludak di jalan tol Jakarta-Cikampek menuju jalur pantai utara malam ini.

"Kemungkinan yang melewati jalan tol Jakarta-Cikampek pada Kamis ini bisa mencapai 110.000 unit kendaraan dan kebanyakan lewatnya malam hari," ujar Direktur Operasi PT Jasa Marga Hasanudin, Kamis (16/8/2012) sore di gerbang tol Cikampek. Hingga sore ini, telah terjadi antrean kendaraan dari gerbang tol Cikampek menuju Simpang Jomin. Polisi terus memberlakukan sistem buka-tutup pengalihan arus kendaraan menuju Sadang.

Menurut Hasanudin, sejak H-10 hingga H-4, tren kepadatan kendaraan terjadi pada malam hari hingga pagi hari atau mulai pukul 22.00 - 06.00. Berdasarkan rekapitulasi PT Jasa Marga, kendaraan yang keluar tol pada Rabu (15/8) pukul 22.00 hingga Kamis (16/8/2012) pukul 06.00 mencapai 14.447 unit lebih banyak dibanding kendaraan yang lewat pada rentang waktu pukul 06.00 - 14.00 yang sebanyak 10.419 unit.

Kepolisian dan PT Jasa Marga memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-3 atau Kamis ini dengan pertimbangan pegawai swasta mulai diliburkan sehingga mereka diprediksi akan mudik hari ini juga. Sementara, pegawai negeri baru bisa mudik setelah mengikuti upacara kemerdekaan pada Jumat (17/8/2012) pagi.

"Dan biasanya pemudik itu berangkat setelah buka puasa dan tarawih. Hal ini bisa dilihat dari tren penumpukan kendaraan yang terjadi pada malam hari. Makanya malam ini kemungkinan kendaraan akan melonjak drastis," ujar Hasanudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com