Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ebola, Turis Tetap Datangi Uganda

Kompas.com - 16/08/2012, 13:29 WIB
Subur Tjahjono

Penulis

ENTEBBE, KOMPAS.com-Walaupun ada kasus penyakit virus Ebola, penerbangan yang masuk ke Bandar Udara Entebbe, Uganda, tetap normal. Tidak ada pemeriksaan kesehatan khusus terhadap penumpang pesawat yang tiba ke Entebbe.

Wartawan Kompas Subur Tjahjono, yang mengikuti kunjungan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin ke Kongo, Kamis (16/8/2012), melaporkan dari Entebbe, Uganda, ratusan penumpang bule terlihat datang ke Entebbe, yang terletak di tepi Danau Victoria itu.

Diplomat Kedutaan Besar Indonesia di Kenya, Wisnu T Mahendra, yang berada di Entebbe, mengatakan, Uganda belum sepenuhnya aman dari Ebola. Terlebih lagi ada pasien Ebola di Ibu Kota Uganda, Kampala, yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Entebbe.

"Korban dirawat di Rumah Sakit Universitas Makarere di Kampala. Padahal kami pada September akan kasih kuliah umum di sana," ujar Wisnu.

Wabah virus Ebola yang mematikan telah menewaskan 13 orang di Uganda. Tidak ada pengobatan dan tidak ada vaksin terhadap Ebola, yang ditularkan melalui kontak pribadi dan tergantung pada turunan, membunuh hingga 90 persen dari mereka yang tertular virus tersebut.

Kompas hanya mendapat vaksinasi meningitis dan demam kuning di Jakarta atau sepuluh hari sebelum tiba di Entebbe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com