Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal Mudik, Warga Tak Perlu Cemas Kebanjiran

Kompas.com - 16/08/2012, 12:08 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca panas masih terjadi hingga akhir pekan ini. Dengan demikian, bagi warga Jakarta yang hendak mudik tidak perlu khawatir dengan adanya banjir.

Kepala Sub Bidang Informasi BMKG, Hari Tirto Jatmiko, mengatakan, untuk wilayah Jakarta, Bogor dan Tangerang memang berpotensi hujan. Namun, hujan dengan intensitas ringan tersebut hanya bersifat lokal. Sementara Depok dan Bekasi umumnya cerah.

"Cuaca di kawasan Jabotabek umumnya cerah berawan hingga akhir pekan ini," kata Hari, di Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Banjir di Jakarta memang dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu intensitas hujan yang tinggi, banjir kiriman dari kawasan sekitar seperti Bogor dan air laut yang pasang di kawasan utara. Namun, melihat perkiraan BMKG kali ini, kecil kemungkinan terjadi banjir saat warga Jakarta tengah mudik.

Ia juga menjelaskan bahwa cuaca Jabotabek cerah berawan masih berlangsung karena sudah masuk musim kemarau. Sementara Hujan dengan intensitas lebat hanya berpotensi di pantai Barat Sumatera bagian utara, Kalimantan, Maluku Utara, Maluku Tengah, pantai utara Papua, dan Papua Barat .

Ketika ditanya mengenai suhu Jakarta yang cukup panas beberapa hari terakhir ini, ia mengatakan bahwa hal itu dipengaruhi oleh kelembaban yang rendah. Kendati demikian, suhu wilayah Jabodetabek saat ini masih tergolong normal, yaitu antara 32 hingga 34 derajat celcius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com