Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudi Minta Warganya Tinggalkan Lebanon

Kompas.com - 16/08/2012, 08:34 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com - Puluhan orang Suriah diculik dan toko-toko miliknya dirusak di Beirut pada Rabu (15/8/2012), kata laporan-laporan, sementara Arab Saudi dan Uni Emirat Arab meminta kepada warganya untuk meninggalkan Lebanon karena menghadapi ancaman.

Kekerasan meletus di jalan-jalan Beirut menyusul merebaknya berita-berita yang belum dikonfirmasi tentang beberapa peziarah Syiah Lebanon yang disandera di Suriah Mei telah tewas.

Para perusuh juga memotong jalan menuju bandara internasional Beirut, membakar ban, sedangkan penerbangan Air France terpaksa mengalihkan kegiatan ke Amman dengan alasan keamanan.

Seorang perusuh mengeluarkan peringatan terhadap warga Qatar dan Saudi, kata seorang wartawan AFP.

Arab Saudi, yang menentang rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, meminta warga negaranya segera meninggalkan Lebanon setelah ada "ancaman yang jelas terhadap mereka," kata Kantor Berita Nasional Lebanon.

Uni Emirat Arab mengeluarkan peringatan serupa, seperti disampaikan Menteri Luar Negeri Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahayan melalui Twitter, "Sayangnya, situasinya sangat berbahaya."

Juru bicara klan Syiah Lebanon mengatakan telah menculik 33 orang Suriah di Beirut dan timur lembah Bekaa, termasuk seorang kapten tentara pemberontak Pasukan Pembebasan Suriah dirawat karena cedera di rumah sakit.

Pihaknya juga menculik seorang pria Turki, kata juru bicara Hatem al-Muqdad yang menambahkan bahwa penculikan itu "untuk menuntut pembebasan keluarga kami Hasan 40-tahun, yang diculik di Suriah kemarin."

"Jumlah korban besok mungkin bisa naik menjadi 50, karena tindakan ini satu-satunya cara untuk menyelamatkan jiwa Hassan, "katanya. "Dan orang-orang yang memerintahkan penculikan itu akan membayar mahal."

Konflik di Suriah sering melebar hingga ke negara tetangganya, Lebanon, dengan penembakan lintas batas, penembakan oleh tentara Suriah, aksi saling culik dan bentrokan sektarian antara kelompok-kelompok yang terpecah karena pemberontakan.

Puluhan orang Suriah lainnya juga diculik di pinggiran selatan Beirut, menurut NNA, namun laporan yang belum diverifikasi menyebutkan beberapa warga Lebanon diculik di Suriah pada Mei, tewas dalam serangan udara di utara kota Aazaz, Rabu.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, tujuh dari 11 peziarah Syiah Lebanon terluka, tetapi tidak dibunuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com