Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Sentuh Posisi Tertinggi dalam 3 Bulan

Kompas.com - 16/08/2012, 07:42 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah mencapai posisi tertinggi dalam tiga bulan menyusul laporan Departemen Energi Amerika Serikat yang memberitahukan adanya penurunan persediaan minyak di tengah naiknya konsumsi bahan bakar, dan ketegangan yang meningkat di Timur Tengah.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran September naik 90 sen menjadi 94,33 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange, Rabu waktu setempat atau Kamis (16/8/2012) pagi. Ini harga penetapan tertinggi sejak 14 Mei 2012.

Harga minyak Brent untuk penetapan September naik 2,22 dollar AS, atau 1,9 persen, menjadi 116,25 dollar AS per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Departemen Energi AS melaporkan persediaan minyak merosot 3,7 juta barel menjadi 366,2 juta barel. Padahal survei Bloomberg tadinya memprediksi penurunan hanya 1,5 juta barel.

Konsumsi minyak pun mencapai level tertinggi dalam sembilan bulan pada minggu lalu. Konsumsi petroleum naik 5,7 persen menjadi 20 juta barel per hari. Sementara di Timur Tengah, ketegangan meningkat seiring dengan Pemerintah tiga negara memanggil warga negaranya untuk meninggalkan Lebanon karena adanya ancaman penculikan.

Tiga negara yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar, mengeluarkan peringatan kepada warganya setelah adanya laporan bahwa klan Meqdad menculik lebih dari 20 orang Suriah sebagai balasan atas penculikan salah satu anggotanya di Suriah.

"Penarikan lebih besar dari perkiraan dalam minyak mentah adalah pendorong utama harga," sebut Kyle Cooper, Direktur Riset Komoditas IAF Advisors, di Houston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com