Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Tegaskan Siap Berperang Melawan Iran

Kompas.com - 16/08/2012, 06:41 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com Menteri Pertahanan Israel yang akan mengakhiri jabatan, Matan Vilnai, mengatakan, perang melawan Iran mungkin akan berlangsung selama satu bulan.

"Penilaian yang kami lakukan adalah perang tersebut akan berjalan selama 30 hari," kata Vilnai.

Dalam wawancara dengan surat kabar Maariv, Vilnai mengatakan, pertempuran akan terjadi di beberapa tempat dan menambahkan serangan rudal Iran mungkin akan menewaskan sekitar 500 warga Israel.

"Dari pembicaraan kami dengan para pakar, angka korban di pihak kami lebih kurang 500 orang," katanya.

Namun, Vilnai menegaskan bahwa Israel telah siap berperang melawan Iran.

Lampu hijau AS

Pernyataan ini sekaligus menepis berbagai kekhawatiran di dalam negeri yang menyebutkan bahwa Israel sebenarnya tidak siap berperang melawan Iran. "Bisa saya tegaskan di sini bahwa kami sudah siap. Israel tidak pernah sesiap ini," tandasnya.

Namun, ia mengatakan, serangan Israel terhadap fasilitas-fasilitas nuklir Iran akan dikoordinasikan dengan Amerika Serikat. "Amerika Serikat adalah sahabat terdekat kita dan kita harus melakukan koordinasi dengan Amerika Serikat," kata Vilnai.

Beberapa pengamat di Israel mengatakan, Israel akan melakukan serangan sepihak ke Iran, bila perlu tanpa lampu hijau dari Washington, bila Pemerintah Israel menyimpulkan bahwa Teheran berada dalam tahap akhir untuk mendapatkan senjata nuklir.

Spekulasi serangan Israel ke Iran dengan tujuan mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir makin kencang dalam beberapa bulan terakhir. Pemerintah di Teheran sementara itu sejak awal mengatakan bahwa program nuklir mereka semata-mata untuk kepentingan damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com