Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Ingatkan Barat

Kompas.com - 15/08/2012, 20:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Rusia pada Rabu (15/8/2012) mengingatkan Barat soal kemungkinan sabotase kesepakatan peralihan politik di Suriah. Kesepakatan itu menurut Rusia akan mengakhiri peningkatan kemelut di Suriah. Kesepakatan itu dicapai di Geneva pada akhir Juli 2012.

Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, tulis AFP, menuduh negara Barat mengobarkan kekerasan secara terbuka dengan mendukung oposisi bersenjata. Iaq mengatakan Rusia mengharapkan jawaban resmi dalam hitungan hari mengenai apakah mereka mendukung kesepakatan itu. "Apa yang dicapai di Geneva tidak boleh disabotase," kata Lavrov kepada wartawan saat kunjungannya ke Belarus.
   
"Kami akan mencoba untuk mendapatkan jawaban dari mitra-mitra kami (Barat) dalam beberapa hari mendatang tentang apakah mereka mendukung apa yang mereka tandatangani di Geneva," katanya.
   
"Jika demikian, mengapa mereka tidak mengambil langkah-langkah untuk menerapkannya?" kata Lavrov menuntut.
   
Negara-negara kuat dunia  pada 30  Juni telah menyepakati rencana transisi yang didukung Rusia di Swiss, yang tidak membuat seruan secara eksplisit kepada  Presiden Bashar al-Assad untuk berhenti berkuasa.
   
Barat dengan cepat berpendapat bahwa pihaknya  tidak melihat peran Bashar  dalam pemerintah persatuan dan masa depan rencana sekarang yang tampaknya dalam bahaya lebih lanjut, karena pengumuman pengunduran diri  mediator Suriah Kofi Annan dari krisis.
   
Para pejabat Rusia Rabu mengatakan mereka ingin menangguhkan misi pemantauan PBB  di Suriah yang beroperasi dalam beberapa bentuk setelah mandatnya berakhir pada 19 Agustus.


 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com