Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Ekonomi AS Bagus, Harga Minyak Naik Lagi

Kompas.com - 15/08/2012, 07:31 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah West Texas Intermediate kembali naik setelah turun selama dua hari menyusul laporan ekonomi dari Amerika Serikat dan Jerman yang lebih baik dari yang diperkirakan.

Harga minyak WTI untuk pengantaran September naik 70 sen, atau 0,8 persen, menjadi 93,43 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange, Selasa waktu setempat atau Rabu (15/8/2012) pagi.

Harga minyak Brent untuk penetapan September naik 43 sen, atau 0,4 persen, menjadi 114,03 dollar AS per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London, Inggris.

Kenaikan harga minyak didorong oleh laporan Departemen Perdagangan AS yang menyatakan penjualan ritel meningkat untuk pertama kali dalam empat bulan. Penjualan itu naik 0,8 persen pada bulan Juli, atau lebih dari estimasi Bloomberg yakni 0,3 persen.

Di Jerman, menurut Kantor Statistik Federal di Wiesbaden, perekonomian negara itu tumbuh melambat tetapi lebih baik dari perkiraan pada kuartal kedua lalu. Perkiraan menyebutkan ekonomi hanya tumbuh 0,2 persen, sedangkan realisasi pertumbuhan ekonomi mencapai 0,3 persen pada kuartal kedua dari kuartal pertama.

"Jumlah penjualan ritel yang layak merupakan sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi AS sedikit lebih baik," sebut Chris Barber, analis senior di Energy Security Analysis Inc., di Wakefield, Massachusetts.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com