Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan TV Iran Diculik Pemberontak Suriah

Kompas.com - 15/08/2012, 03:57 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Seorang wartawan jaringan televisi berbahasa Arab, Al-Alam, yang berbasis di Suriah telah diculik para pemberontak di  kota Homs, kata kantor televisi itu di situsnya, Selasa (14/8/2012).

Wartawan itu, Ahmad Sattouf, dibawa "kelompok teroris bersenjata," saat ia kembali ke rumahnya di Homs, kata Al-Alam.

Jaringan televisi itu tidak mengatakan kapan tepatnya Sattouf diculik, tetapi mengatakan dia telah hilang selama "beberapa hari."

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia secara terpisah mengatakan bahwa Sattouf, seorang Suriah, telah diculik pada hari Sabtu-Minggu.

Al-Alam mengatakan bahwa "para pemberontak juga menyerang dan mengobrak-abrik" kantor di Homs.

Sejumlah wartawan asing dan Suriah dijadikan target dalam konflik di Suriah. Kepala kantor berita Suriah SANA dikatakan telah dibunuh oleh para pemberontak di luar rumahnya di dekat ibu kota pada Sabtu, dan satu kelompok jaringan Al Qaeda mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan pada awal bulan ini terhadap pembawa acara  di televisi pemerintah.

Tiga wartawan TV Negara Suriah juga dilaporkan diculik oleh pemberontak pada Jumat saat mereka mendampingi pasukan pemerintah tak jauh dari ibu kota. Pada  pekan lalu satu serangan bom terhadap markas besar televisi negara melukai beberapa orang. Kepala misi pengamat PBB di Suriah pada Senin mengecam serangan-serangan atas media itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com